Otomotif News

Media Otomotif Indonesia

Bamsoet Dan Sean Gelael Kecelakaan Balap, Begini Spesifikasi Mobilnya

Otomotifnews.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan pebalap nasional Sean Gelael kecelakaan, saat tampil di ajang Sprint Rally Meikarta 2022. Sempat jungkir balik, mobil yang dinaiki mereka adalah CitroenC3 R5.


Sean mengendarai Citroen C3 R5 pada SS2 Sprint Rally Meikarta 2022 dengan ditemani Bamsoet sebagai Navigator. Di salah satu titik trek, kecelakaan cukup parah mereka alami.

Mobil yang mereka tumpangi terpelanting dan kemudian terjungkal sebanyak tiga kali setelah terlihat melewati gundukan tanah. Setelah terpelanting dan terguling, mobil kemudian berhenti dalam posisi miring, dengan cuma dua roda yang memijak tanah.

Bamsoet dan Sean terkonfirmasi dalam kondisi baik setelah kecelakaan tersebut. Sementara Citroen C3 R5 terlihat dalam kondisi babak belur.

Spesifikasi Citroen C3 R5
Citroen C3 R5 merupakan mobil spesialis balapan reli yang diproduksi oleh Citroën World Rally Team. Mobil ini dibangun dari mobil Citroën C3, yang merupakan road car namun kemudian digarap sesuai aturan/standar R5.

R5 merupakan kelas kompetisi dalam balapan reli dunia. Dibanding mobil-mobil yang berlaga di reli dunia, mobil pada kategori ini sudah mengalami penurunan power dan performa.

Citroën C3 R5 menjalani debut balapan reli pada tahun 2018 di ajang Tour de Corse. Mobil ini dibekali mesin 1,6 liter turbo 4 silinder, 16 valve.

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 285 HP pada putaran 5.000 RPM. Sementara torsi puncaknya berada di angka 420 NM pada putaran 4.000 RPM. Power ini kemudian disalurkan ke empat roda via transmisi lima percepatan sequintal.

Baca Juga !!!  IMI : Bandara Kertajati Akan Adakan Road Race, Drag Bike, Drift, Slalom & Rally

Dikutip dari rallye-info.com, Citroen C3 R5 memiliki bobot 1.230 kg. Bicara dimensi, mobil ini memiliki panjang 3.996 mm, lebar 1.820 mm, dan wheelbase 2.567 mm.

Citroen sendiri merupakan pabrikan otomotif asal Prancis. Terkait kiprahnya di ajang Rally, Citroen sudah punya jam terbang sangat panjang di dunia balapan tersebut. Partisipasi mereka di dunia balap sudah dimulai sejak 1956.

Citroën World Rally Team malah telah berhasil memenangi delapan gelar juara dunia konstruktor dan memenangi sembilan gelar juara dunia pebalap.

Sumber : Doni wahyudi, DetikOto

Ali Candra