Bingung Ke Lombok Naik Apa? Ini Dia Rute Terbaik Menuju Sirkuit Mandalika Lombok

Estimated read time 3 min read

Otomotifnews.com – Perhelatan MotoGP 2022 musim kedua pada 18-20 Maret 2022 memang sudah didepan mata. Semua mata seolah terarah pada Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini. Namun, bagaimana cara mencapai Sirkuit Mandalika?

Secara umum, untuk mencapai Sirkuit Mandalika, Anda bisa memilih perjalanan laut atau perjalanan udara, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat. Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi untuk Anda yang memiliki jiwa berpetualang.

Perjalanan udara

Rute perjalanan udara menuju Sirkuit Mandalika ini tergantung dari pilihan kota atau lokasi bandara Anda. Sebagai contoh, jika berangkat dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta), Anda bisa memilih Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Air Asia, dan Super Air Jet, dengan tujuan Bandar Udara Internasional Lombok.

Dari Bandara Juanda-Surabaya, terdapat pilihan maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink, dengan tujuan Lombok. Dari Yogyakarta, tersedia maskapai Lion Air dan Air Asia. Meskipun secara lokasi dekat, Anda pun bisa melakukan perjalanan udara dari Bali ke Lombok. Tersedia maskapai Wings Air dan Citilink di Bandara Ngurah Rai-Lombok.

Jika Anda berangkat dari Makassar menuju Lombok, pilihannya ada Lion Air dan Wings Air. Dari Bima dan Sumbawa menuju Lombok, hanya maskapai Wings Air yang melayani penerbangan.

Namun, apabila Anda kehabisan tiket pesawat utama menuju Lombok dari beberapa kota, tersedia air shuttle khusus yang berangkat dari Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Air Shuttle ini menggunakan pesawat propeller khusus untuk penerbangan lokal.

Sebenarnya, untuk mendukung kelancaran MotoGP 2022, tersedia 59.220 kursi penerbangan reguler dan 11.383 kursi penerbangan ekstra atau charter. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan tiket pesawat karena kuotanya cukup banyak.

Baca Juga !!!  Suzuki Ertiga VS Suzuki XL7 "Which One Better?" Ini Jawabannya!

Meskipun demikian, ada baiknya lakukan pemesanan tiket pesawat terbang jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan maskapai terbaik atau maskapai pilihan Anda.

Perjalanan laut

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi perjalanan menikmati panorama laut lepas, tidak ada salahnya mencoba melalui rute perjalanan laut. Anda bisa memilih lokasi strategis yang terdekat dari Lombok, tentunya dari Bali. Anda naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Benoa, lanjut ke Lembar, dan baru menuju ke Pelabuhan Bima, NTB.

Selain Bali, rute ke Lombok dengan perjalanan laut juga bisa dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Perak-Surabaya. Rute perjalanan dengan kapal ini adalah Surabaya-Lembar-Waingapu. Bisa juga melalui Pelabuhan Tanjung Wangi dari Banyuwangi.

Perjalanan darat

Dari Bandara Lombok atau Pelabuhan, Anda perlu melanjutkan perjalanan darat menuju ke area Sirkuit Mandalika. Pemerintah memang telah mempermudah akses menuju Sirkuit Mandalika dari Bandara Lombok, salah satunya dengan menaiki bus khusus.

Sementara itu, sejumlah pelabuhan di Lombok pun menawarkan perjalanan dengan bus menuju area Sirkuit Mandalika. Di antaranya dari Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan, Gilimas, dan Pelabuhan Kahyangan.

Soal ruas jalan, Anda pun tak perlu khawatir. Pemerintah telah memaksimalkan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan di Lombok dan Mandalika. Jadi, Anda pun bisa melakukan perjalanan nyaman dengan bus di jalan yang mulus.

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengakui bahwa pemerintah telah melakukan pembenahan di bidang transportasi dan akomodasi di Mandalika.

“Saya optimis, MotoGP 2022 di Mandalika akan sukses. Event ini juga akan membawa semangat dalam pemulihan sektor pariwisata,” ungkap Sandi

Baca Juga !!!  Mengejutkan! Mobil Listrik NETA GT Bisa Tembus 100Km/h Dalam Waktu 3,7 Detik

sumber : okezone.com

Enjoy Other OtomotifNews

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply