Era Baru FIM JuniorGP World Championship Dimulai

Estimated read time 2 min read

Otomotifnews.com – Mulai tahun ini, FIM CEV Repsol resmi berganti nama menjadi FIM JuniorGP World Championship. Penegasan status bagi pembalap muda yang berhasrat menembus MotoGP.

“FIM JuniorGP memberikan peluang kepada para pembalap muda berlatih sebelum masuk ke MotoGP,” ucap Presiden Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Jorge Viegas, melansir lamana MotoGP.com.

“FIM bangga bisa ikut berperan dalam pengembangan para pembalap muda. Terima kasih atas kolaborasi dengan Dorna Sports dan FIM Eropa.”

Dalam pernyataan resmi, Rabu (19/1/2022), FIM Moto3 Junior World Championship kini menjadi FIM JuniorGP World Championship.

Selain itu, Moto2 European Championship dan Hawkers European Talent Cup, termasuk kategori Superstock, tetap diperlombakan di bawah payung FIM JuniorGP World Championship.

“Ajang ini juga memperoleh identitas baru sebagai bagian dari era baru ini, dengan logo baru untuk kategori Moto3, juga berbagi dengan Kejuaraan. Hawkers European Talent Cup dan Moto2 European Championship juga memulai babak baru ini denga

Selama hampir seperempat abad, JuniorGP telah memainkan peran kunci dalam pengakuan dan pengembangan para pembalap. Nama-nama, seperti Marc Marquez, Joan Mir, hingga Fabio Quartararo, merupakan jebolan kejuaraan.

Lebih dari 80 persen pembalap Grand Prix juga sudah menjalani program Road to MotoGP, meningkat menjadi lebih dari 90 persen untuk grid Moto3.

“Dengan nama dan identitas barunya, FIM JuniorGP World Championship akan terus membina bakat-bakat pada tahun ke-25 sejak kejuaraan dimulai,” demikian pernyataan FIM.

Baca Juga !!!  Mantan Rider MotoGP Casey Stoner, Dibuat Penasaran Joki Mooney VR46 Marco Bezzecchi

Tiga musim terakhir, Indonesia diwakili Mario Aji yang turun di kelas Moto3. Sedangkan pada 2022, dia digantikan oleh kompatriotnya, Fadillah Arbi Aditama, juga merupakan rider muda binaan PT Astra Honda Motor.

Arbi – sapaan akrabnya – tergabung dalam bendera Junior Talent Team. Namun, sang pembalap asal Purworejo itu bakal mengusung Astra Honda Racing Team.

Selain berkompetisi di FIM JuniorGP World Championship, Arbi turut bersaing pada ajang Red Bull Rookies Cup

Sumber : motorsport.com

Enjoy Other OtomotifNews

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply