Otomotif News

Media Otomotif Indonesia

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar : Jorge Martin Tak Terbendung, Kembali Raih Pole Position

Otomotifnews.com – Jorge Martin tak terbendung pada sesi kualifikasi seri pertama Kejuaraan Dunia MotoGP 2022, GP Qatar, Sabtu (5/3/2022).

Sesi kualifikasi MotoGP Qatar diawali persaingan sengit di antara tiga pembalap yang harus melakoni kualifikasi pertama (Q1).

Juara dunia Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) langsung mencatat waktu tercepat. Namun, pembalap Prancis itu hanya unggul sekira 0,1 detik atas kompatriotnya, Johann Zarco (Pramac Racing).

Berikutnya, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) berhasil menggeser P2 milik Zarco setelah melakukan slipstream terhadap rekan setimnya, Miguel Oliveira.

Rookie Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team), sempat cepat dengan hanya terpaut 0,4 detik di P4. Pembalap rookie lainnya Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP Racing) mengalami kecelakaan di Tikungan 2. Beruntung ia tidak mengalami cedera.

Zarco lantas mencatat waktu tercepat namun dalam kondisi yellow flag. Tidak lama kemudian Binder menggesernya dari P1.

Binder akhirnya menjadi pembalap tercepat dan berhak lolos ke Q2 bersama Quartararo yang beruntung karena waktu lap Zarco tidak dihitung akibat pelanggaran bendera kuning. Jika tidak ada yellow flag, Quartararo takkan lolos ke Q2.

Sesi Q2 yang berlangsung selama 15 menit berlangsung jauh lebih ketat. Pada awal sesi, Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang menjadi pembalap tercepat waktu kombinasi, terlihat berduel sangat sengit dengan Marc Marquez (Repsol Honda).

Separuh Q2 berlangsung, Jack Miller (Ducati Lenovo) memimpin dengan 1 menit 53,411 detik. Ia diikuti Pol Espargaro (Repsol Honda), Jorge Martin (Pramac Racing), Marc Marquez, dan Enea Bastianini (Gresini Racing) di lima besar.

Baca Juga !!!  Miller Jagokan Bagnaia untuk Meraih Gelar MotoGP 2022

Sengitnya duel perebutan pole MotoGP Qatar bisa dilihat dari gap antara Miller dan Bastianini yang saat itu hanya sekira 0,2 detik! Rins sendiri saat itu terlempar ke posisi kedelapan.

Sekira tiga menit menjelang Q2 selesai, Marc Marquez melesat ke P1 namun hanya unggul 0,128 detik atas Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di P2. Keduanya diikuti Miller di P3.

Meskipun begitu, Jorge Martin yang sebelumnya berada di P5 dan Miller juga mulai ikut panas dan menunjukkan kecepatan. Martin pun merebut P1 dengan unggul sekira 0,3 detik atas Marc Marquez di P2 diikuti Miller.

Tidak berapa lama, Enea Bastianini merangsek ke P2 untuk menggeser Marquez. Jorge Martin akhirnya berhasil merebut pole position MotoGP Qatar dengan waktu lap 1 menit 53,011 detik.

Waktu tersebut memang masih kalah dari all time lap record Sirkuit Internasional Lusail yang dibuat Bagnaia pada 2021, yakni 1 menit 52,772 detik.

Kendati begitu, Jorge Martin juga membuat torehan lain. Bagi Rookie of The Year MotoGP 2021 itu, inilah back-to-back pole yang dibuatnya di Qatar.

Tahun lalu, Martin merebut pole di Lusail pada GP Doha – seri kedua MotoGP 2021 yang digelar sepekan setelah GP Qatar – dan mampu finis di peringkat ketiga.

Start terdepan di MotoGP Qatar 2022 juga menjadi pole position kelima sepanjang kariernya di MotoGP yang dimulai tahun lalu.

Bagi Marc Marquez, target start dari barisan terdepan GP Qatar terwujud setelah dirinya memastikan bakal start dari grid ketiga di samping Martin dan Bastianini.

Baca Juga !!!  Bersama LCR Honda, Alex Rins Tetap Optimis! Meski Marc Marques Menjadi Ujung Kebangkitan Honda di 2023

Hasil tidak memuaskan ditorehkan para pembalap Suzuki. Tampil sangat bagus di sesi latihan bebas, Joan Mir hanya akan start dari grid kedelapan sedangkan Alex Rins ke-10.

Sementara itu, Fabio Quartararo dipastikan harus mengeluarkan upaya ekstra karena hanya akan start dari grid ke-11 pada balapan MotoGP Qatar, Minggu (6/3/2022) malam WIB.

Quartararo juga menjadi pembalap Yamaha dengan hasil kualifikasi terbaik karena rekan setimnya, Franco Morbidelli, hanya berada di P12. Sedangkan duet tim satelit WithU Yamaha RNF MotoGP, Andrea Dovizioso dan Darryn Binder masing-masing akan start dari grid ke-20 dan posisi paling buncit alias ke-24.

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar :

sumber : motorsport.com