Hasil MXGP Inggris : Tim Gajser Mampu Tunjukan Kemenangan Fantastis

Estimated read time 4 min read

Otomotifnews.com – Tim Gajser meraih poin tertinggi pada lomba pertama kelas MXGP pada Kejuaraan Dunia Motocross 2022.

Kroser Team HRC Tim Gajser berhasil mencatatkan kemenangan Grand Prix ke-34 menyusul poin tertinggi yang direbutnya pada MXGP Inggris, putaran pertama Kejuaraan Dunia Motocross 2022 di Sirkuit Matterley Basin, Inggris, Minggu (27/2/2022).

Seperti sudah diprediksi, absennya juara dunia MXGP Jeffrey Herlings (Red Bull KTM Factory Racing) dan runner-up Romain Febvre (Kawasaki Racing Team MXGP) di Inggris, membuat Gajser menjadi salah satu favorit pemenang di trek sepanjang 2,120 km tersebut.

Total, kroser asal Slovenia tersebut merebut 47 poin hasil finis 1-2 dari dua race di Matterley Basin.

Jorge Prado (Red Bull GasGas Factory Racing) dan rookie Maxime Renaux (Monster Energy Yamaha Factory Racing MXGP) memang memberikan perlawanan sengit. Namun, pengalaman Gajser sebagai juara dunia empat kali membuatnya unggul.

Race 1 berlangsung sangat bagus, namun Race 2 juga tidak kalah. Saya melakukan start bagus pada Race 2 dan Prado langsung mampu memimpin. Saya berhasil menyusul dan melewatinya. Namun, saya membuat kesalahan konyol hingga P1 lepas,” ucap Gajser.

“Saya mampu kembali menempelnya tetapi waktu sudah tidak cukup. Saya senang bisa mengawali musim seperti ini. Kesalahan kecil seperti di Race 2 bisa saja terjadi dan saya tak mau mengulanginya lagi. Saya akan berusaha keras konsisten finis podium.”

Saat memenangi Race 1, juara dunia empat kali – MX2 2015 dan MXGP 2016, 2019, 2020 – itu unggul hingga 3,709 detik dari Jeremy Seewer (Monster Energy Yamaha Factory Racing MXGP) yang finis P2. Sedangkan P3 ditempati Renaux yang terpaut 7,930 dari Gajser.

Baca Juga !!!  Sambut Musim Balap 2023, KTM Factory Racing Motocross Gaet Antonio 'Tony' Cairoli Sebagai Tim Manager

Namun kondisi jauh lebih sulit ditemui Gajser pada Race 2. Prado yang menggeber GasGas MC 450F langsung melesat di depan duo tim pabrikan Yamaha, Glenn Coldenhoff dan Seewer, Ruben Fernandez (Honda 114 Motorsports), dan Gajser di lima besar.

Berikutnya berturut-turut ada Jeremy Van Horebeek (Beta SDM Corse), Valentin Guillod iXS hostettler MXGP), Jed Beaton (F&H Kawasaki Racing), Alberto Forato (SM Action Racing Team Yuasa GasGas), dan Brian Bogers (Standing Construct Husqvarna Factory Racing) di 10 besar.

Prado lalu melesat hingga dua detik di depan Coldenhoff sedangkan Gajser mampu melewati Fernandez untuk P4. Renaux yang saat itu ada di P12 berhasil melibas Bogers dan Forato.

Di depan, Prado terus memperlebar gap menjadi 3,4 detik. Saat itu posisi 10 besar usai dua lap ditempati Prado, Coldenhoff, Seewer, Gajser, Fernandez, Beaton, Van Horebeek, Renaux, Thomas Kjer Olsen (Diga Procross KTM), dan Bogers.

Gajser lalu melakukan manuver cantik untuk melewati Seewer di P3 dan mulai mengejar Coldenhoff. Pada lap ketiga itu, Prado sudah sekira lima detik memimpin. Renaux lalu melewati Van Horebeek untuk P7.

Lalu, sekali lagi Gajser menunjukkan kelasnya saat melewati Coldenhoff pada waktu yang tepat. Prado yang memimpin hingga 5,9 detik kini mulai dikejar oleh Gajser. Prado kemudian memperlebar gap menjadi enam detik tetapi Gajser mulai mendekat.

Gajser yang seperti kesetanan kemudian memperkecil gap menjadi 3,8 detik dari Prado. Sementara, Renaux berhasil mengambil P6 milik Beaton. Di lap ketujuh, posisi 10 besar ditempati: Prado, Gajser, Coldenhoff, Seewer, Fernandez, Renaux, Beaton, Van Horebeek, Olsen, dan Bogers.

Baca Juga !!!  Aprilia Tuareg 660 Dominasi Moto Rally dan Raid TT Italia

Gajser lalu dengan luar biasa berhasil melibas Prado untuk memimpin lomba. Coldenhoff berada di P3 dengan gap hingga sekira 13 detik. Tetapi, tiga lap menjelang lomba berdurasi 30 menit + 2 lap itu selesai, Prado kembali mengambil P1 dari Gajser.

Namun sekira setengah lap menjelang finis, Gajser sudah siap menutup gap untuk merebut kemenangan kedua. Tetapi, Prado dengan cerdik menutup ruang yang memungkinkan Gajser melewatinya. Race 2 pun dimenangi Prado diikuti Gajser dan Coldenhoff serta Seewer.

Prado berhak duduk di P2 overall MXGP Inggris setelah finis 4-1 sedangkan Seewer yang finis 2-4 berada di posisi ketiga.

Race 1 sangat berat. Meskipun saya merebut holeshot, Tim berhasil lewat. Saya lebih rileks di Race 2. Lalu, saat Tim membuat kesalahan kecil, saya tahu ini kesempatan untuk menang,” ujar Prado.

Hasil MXGP Inggris membuat Tim Gajser memimpin klasemen kejuaraan dunia kelas MXGP dengan 47 poin. Berikutnya berturut-turut ada Jorge Prado (43 poin), Jeremy Seewer (40 poin), Maxime Renaux (35 poin), dan Glenn Coldenhoff (32 poin) di lima besar.

Hasil Race 2 MXGP Inggris (10 Besar)

sumber : motorpsort.com

Enjoy Other OtomotifNews