Musuh Tambal Ban Akhirnya Terealisasi Ban Tanpa Angin Siap Dipasarkan

Estimated read time 1 min read
foto : michelin

Otomotifnews.com – Michelin menghadirkan inovasi berupa ban tanpa angin yang mereka beri nama Uptis. Ban ini sudah melalui uji coba sejak 2019 dan rencananya akan dipasarkan pada tahun 2024.

Uptis merupakan singkatan dari Unique Puncture-proof Tyre System. Ban tanpa udara ini memiliki konstruksi khusus dengan bentuk jari-jari yang kebal terhadap tusukan dan kempis.

Foto : michelin

Ban ini menggunakan bahan alumunium dengan struktur penahan beban terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP). Komponen yang digunakan juga meliputi komposit karet fleksibel dan jari-jari yang dapat dideformasi. Ban tanpa udara ini diklaim anti bocor dan akan cocok dipakai di pelek jenis apapun dan merek apapun.

Produsen ban asal Perancis ini juga mengklaim Uptis lebih ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit bahan baku dan lebih tahan lama. Menurut survei internal, sekitar 20 persen dari semua ban dibuang sebelum waktunya setiap tahun karena kempes dan keausan yang tidak teratur. Secara total, sekitar 200 juta ban terbuang per tahun.

Ban canggih ini rencananya akan dipasarkan dengan mobil-mobil dari General Motors (GM) dan sejumlah merek lainnya. Mereka sudah mempromosikan ban ini di International Motor Show Germany (IAA) tahun ini dan sudah siap untuk dipasarkan tahun 2024.

Edit : Dendi Rustandi

Enjoy Other OtomotifNews

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply