Sosok Keminth Kubo Pebalap Asal Thailand Yang Perkuat Yamaha VR46 Master Camp Team Moto2 2022

Estimated read time 3 min read

Otomotifnews.com – Satu lagi pembalap Thailand yang bakal memanaskan pertarungan di Moto2 2022. Keminth Kubo menegaskan kesiapannya untuk bekerja keras demi hasil terbaik.

Dikutip dari halaman motorsport.com. Thailand merupakan salah satu negara yang cukup sering mengirimkan wakilnya ke kejuaraan dunia Grand Prix. Ratthapark Wilairot contohnya. Pembalap veteran itu berkompetisi sejak kelas 250cc pada 2006 silam.

Selama satu dekade berlomba di kategori intermediate, Wilairot berhasil mencatatkan finis keempat di Moto2 Belanda 2010. Putaran final Valencia 2016 menandai akhir dari kiprahnya dalam ajang internasional.

Jejak langkah Wilairot kemudian diikuti Nakarin Atiratphuvapat yang memperkuat Honda Team Asia pada 2017 dan 2018. Sepanjang dua tahun beraksi di lightweight class, dia mengumpulkan total 28 poin.

Setelah itu, muncul Somkiat Chantra. Musim 2022 bakal menjadi tahun keempatnya di kategori Moto2. Dibandingkan pendahulunya, pemuda kelahiran Chonburi ini mampu membuat peningkatan, meski terkadang inkonsistensi.

Kini, sosok Keminth Kubo akan menaikkan level persaingan. Sang pemuda berusia 22 tahun telah memiliki segudang pengalaman dalam kejuaraan balap motor, seperti Asia Road Racing Championship (ARRC) dan CEV Moto2.

Siapakah Kubo? Dia adalah jebolan Yamaha VR46 Master Camp edisi kelima yang diadakan di Tavullia pada 2018. Dinilai memiliki talenta, Master Camp Yamaha VR46 menurunkannya di CEV Moto2 musim 2019 sampai 2021.

Pada tahun lalu, Kubo mencatatkan penampilan perdana di Kejuaraan Dunia Moto2 sebagai wildcard. Ambil bagian dalam Grand Prix Catalunya, dia menyelesaikan balapan di posisi ke-26.

Kubo bakal berduet dengan juara dunia termuda World Supersport 300 musim 2019, Manuel Gonzalez, yang diboyong oleh Yamaha VR46 Master Camp dari World Supersport.

Baca Juga !!!  Fabio Quartararo Terpukau Melihat Top-Speed Yamaha di Test Shakedown Sepang

“Kubo, mantan peserta Master Camp, dan Manuel, talenta dari bLU cRU, yang menunjukkan keterampilannya di WSSP300 dan WSSP, akan saling bekerja sama,” kata General Manager Yamaha Motor Divisi Strategi Motorsports, Tetsu Ono, mengutip laman resmi.

“Tugas mereka untuk tahun ini adalah menyerap sebanyak mungkin informasi dan pengalaman balap baru, karena tujuan utama tim ini adalah mengembangkan pembalap untuk mencapai kelas utama MotoGP.”

Jumat (18/2/2022), Yamaha VR46 Master Camp Team telah merilis livery motor baru Kubo dan Gonzalez. Skema warna biru dan kuning fluorescent VR46 menjadikan kuda besi skuad terlihat menonjol.

Debut resmi Kubo di Moto2 2022 bakal dimulai di seri pembuka GP Qatar pada 6 Maret bulan depan. Namun, sang pembalap lebih dulu menjalani tes pramusim di Sirkuit Algarve, Portugal 19-21 Februari pekan ini.

Kubo sendiri merasa terhormat untuk akhirnya dapat tampil secara reguler dalam kejuaraan dunia Grand Prix bersama Yamaha VR46 Master Camp Team.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha Motor Company, Thailand Yamaha Motor, dan VR46 atas kepercayaan mereka kepada saya, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat mereka bangga,” ucapnya.

Bertindak sebagai Crew Chief Kubo adalah Alessandro Finelli. Sedangkan jabatan Direktur Olahraga Yamaha VR46 Master Camp Team diemban oleh Geleto Nieto.

“Kami telah melakukan dua tes (Valencia dan Jerez) bulan ini. Motornya bagus, dan saya tidak sabar untuk memulai musim,” tutur Kubo.

“Saya sudah mengenal hampir semua anggota tim karena saya adalah pembalap Master Camp di kejuaraan CEV. Saya memiliki hubungan yang baik dengan mereka semua, terutama dengan kepala kru saya.

Baca Juga !!!  FIM Awards : Valentino Rossi Didaulat Jadi Legenda MotoGP

“Saya tahu petualangan baru ini adalah awal yang baru, tetapi saya berharap untuk melakukan yang lebih baik setiap akhir pekan, dan saya akan bekerja keras untuk mencapai tujuan ini.” pungkasnya

sumber : motorsport.com

Enjoy Other OtomotifNews

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply