Tampil Menawan Mitsubishi Outlander Baru Tetap Ramah Lingkungan

Estimated read time 2 min read

Otomotifnews.com – Mitsubishi Motors Corporation akhirnya meluncurkan All New Outlander untuk pasar global. Negara pertama yang menjual mobil gagah tersebut Jepang, sedangkan tempat selanjutnya adalah Australia, dan New Zealand.

Mitsubishi Outlander baru ditawarkan dengan mesin bensin, dan varian PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle itu berubah total dibandingkan generasi sebelumnya, tampilannya lebih gagah.

Namun jika diperhatikan desain eksterior Outlander baru mirip dengan mobil konsep Mitsubishi Engelberg Tourer yang beberapa tahun lalu pernah dipamerkan.

Melansir situs resmi Mitsubishi Jepang seperti dikutip Viva Otomotif, Senin 1 November 2021, SUV itu memiliki dimensi panjang 4.710 mili meter, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.740 mm. Untuk ground clearancenya 195-200 mm.

Tersedia dalam konfigurasi lima penumpang, dan tujuh penumpang, sehingga ukuran ruang kabinnya berbeda. Untuk menunjang penampilannya terdapat dua pilihan pelek, berukuran 18 inci dibalut ban 235/60 dan 20 inci dengan ban 255/45.

Bumpernya berotot, grill lebih besar dengan mempertahankan bahasa desain Dynamic Shield. Lampu utama jika sebelumnya berada di atas, menjadi di tengah-tengah serupa dengan Triton baru, Pajero Sport, dan Xpander.

Sumber penerangan utamanya projektor LED, sedangkan fungsi lampu sipit di atas yang berada di antara bonet menjadi DRL (daytime running light). Bentuk kap mesinnya juga berubah total, dan diffusernya menjadi lebih besar.

Mulai dari pilar A sampai lekukan belakang di pilar D juga berubah, begitu juga dengan desain bodi samping yang lebih gemuk. Over fender dibuat sewarna bodi, lekukan tajam ke dalam mengalir darri ujung pintu depan sampai belakang.

Baca Juga !!!  Alvaro Bautista Tampil Impresif di WSBK Phillip Island

Ubahan yang menarik lainnya di bagian belakang. Sebelumnya lampu pengereman dan reflektor Outlander tampak besar seperti Pajero lawas, kini menjadi sipit hampir mirip dengan Jaguar F-Pace, lekukan bagasinya terlihat seksi.

Bumper belakang juga berubah, dengan tambahan dua lubang palsu knalpot dan reflektor. Spoiler dan high mount stop lamp tetap tersedia, kaca belakang landai dan kecil.

Mobil yang satu platform dengan Nissan X-Trail baru atau Rounge itu dipersenjatai mesin bensin 4B12 MIVEC berkapasitas 2.359cc DOHC empat silindeer 16 katup. Tenaga maksimalnya 131,4 daya kuda di 5.000 rpm, dan torsi 195 Newton meter di 4.300 rpm.

Sedangkan untuk versi PHEV, masih mengandalkan mesin yang sama namun hanya dipadukan dengan baterai Lithium-ion berdaya 350 volt atau 20 kWh. Didukung dinamo alias motor listrik bertenaga 85 kilowatt atau 113 dk, dan torsi 255 Nm.

Artinya jika digabungkan dengan mesin pembakarannya, Outlander baru edisi hybrid bisa menyemburkan tenaga sekitar 244 dk, dan torsi 450 Nm.

Dendi Rustandi
Sumber : Viva

Enjoy Other OtomotifNews

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply