Otomotif News

Media Otomotif Indonesia

Tips Berkendara Sepeda Motor yang Hemat Bahan Bakar

Otomotifnews.com – Sepeda motor yang irit menjadi dambaan semua pemilik kendaraan. Selain tidak repot bolak-balik pom bensin, motor yang irit juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar.

Namun perlu diketahui, bahwa keiritan sebuah sepeda motor tidak semata-mata ditentukan dari spesifikasi kendaraan. Faktor lain yang memengaruhi keiritan sepeda motor adalah dari cara mengendarainya.

1. Cek Tekanan Ban

Pastikan kondisi angin ban sesuai dengan rekomendasi, tidak terlalu kencang atau terlalu kempis. Pengiritan bahan bakar bisa dimaksimalkan saat kondisi ban berada di tekanan maksimum. Ban dengan tekanan ideal akan membantu motor melaju dengan lancar dan tidak ada hambatan yang membuat mesin bekerja lebih keras yang bisa membuat BBM menjadi boros.

2. Adanya Bawa Muatan Berlebih

Saat mengendarai sepeda motor, menghindari banjir yang berlebihan. Sarat muatan merupakan musuh terbesar dalam efisiensi bahan bakar. Pasalnya, semakin banyak beban yang ada di motor, akan membuat mesin bekerja lebih keras. Singkirkan barang-barang yang tidak terlalu penting untuk mengurangi beban motor.

3. Kecepatan Stabil

Jika sepeda motor ingin irit saat digunakan, hindari menggeber atau memacu kendaraan secara berlebihan. Akselerasi motor yang tiba-tiba akan membuat bensin menjadi boros. Disarankan untuk berkendara dengan kecepatan yang stabil dan sesuai dengan standar hukum di Indonesia.

4.Lakukan Servis Berkala

Kondisi motor dapat memengaruhi keiritan bahan bakar. Oleh sebab itu pemilik kendaraan perlu melakukan servis berkala untuk memastikan kondisi motor dalam keadaan prima.

Baca Juga !!!  Cuaca Panas Bukan Hambatan, Jaga 4 Poin Ini Agar Performa Mobilmu Tetap Impresif

Jika oli sudah kotor, segera ganti karena hal tersebut menahan upaya untuk menghemat bahan bakar karena mesin akan bekerja lebih keras dan sirkulasi udara dalam mesin menjadi tidak bagus.

sumber : gooto.com