Otomotif News

Media Otomotif Indonesia

Hati-Hati Modus Kejahatan “Kasih Tau Ban Kempes” Marak Lagi

OtomotifNews.com – Modus kejahatan lama masih ada saja. Pengendara motor diduga melakukan modus kejahatan menegur pengendara mobil agar turun dari mobilnya.Hal itu diunggah akun Instagram @seputar.sunter. Salah satu warganet mengabadikan momen ini menggunakan kamera dasbor (dashcam) mobilnya.

“Tiba2 ada motor samperin kodein ada sesuatu di bawah mobil, klakson ke gue,” tulis perekam video itu.

Pengendara mobil itu tidak menghiraukan pemotor yang menegur. Sebab, pengendara mobil tersebut tahu soal modus kejahatan semacam ini yang sudah beberapa kali terjadi.

Modus kejahatan semacam ini sering kali terjadi. Pelaku biasanya berpura-pura memberi tahu pengendara bahwa ban mobil kempis, padahal mereka mengincar barang-barang berharga di mobil.

Pencuri seperti ini memanfaatkan kelengahan korban atau pengemudi kendaraan terhadap barang-barangnya saat mengecek ban mobilnya. Ketika pengendara turun dari mobil untuk mengecek bannya, saat itulah si pelaku mulai beraksi mengambil barang-barang dalam mobil.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga brand ambassador keselamatan dari GT Radial, Sony Susmana, mengatakan pengendara bisa menghindari modus kejahatan semacam ini. Yang terpenting adalah pengendara bisa peka terhadap kondisi kendaraannya.

“Membiasakan diri untuk sensitif (duduk sempurna) terhadap kendaraan kita sudah menjadi keharusan. Supaya setiap kejanggalan atau abnormal yang terjadi bisa dirasakan,” ujar Sony, seperti yang dilansir dari detikOto, Kamis (16/11/2023).

Selanjutnya pengendara perlu memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi kaca spion. Kaca spion bisa menjadi ‘mata’ pengemudi saat melihat sekeliling body kendaraan jika ada hal yang harus dikoreksi.

Baca Juga !!!  Motul Edukasi Masyarakat di Motul race Championship 2022

“Ketika ada pihak lain yang menginformasikan ada hal aneh di kendaraan kalian jangan asal terima.

Tetap berjalan sekalipun pelan tapi tetap fokus, pastikan tidak ada yang berubah di keseimbangan mobilnya misalnya ban kempes, asap atau bunyi.

Sambil jalan gunakan kaca spion untuk melihat kondisi belakang dari kendaraan. Jika tidak ada masalah tetap berkendara normal dan abaikan mereka-mereka itu,” ujarnya.

“Hindari daerah yang rawan kejahatan, sepi. Hindari menaruh barang-barang berharga di dalam kabin,” sambungnya.

Dendi Rustandi