GT World Challenge Asia Tulis Mandalika Sebagai Sirkuit Balap di 2022

Estimated read time 3 min read

Otomotifnews.com – GT World Challenge Asia Tulis Mandalika Sebagai Sirkuit Balap di 2022. Ajang balap roda empat tersebut konon akan diadakan di Sirkuit Mandalika pada musim 2022. Sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dijadwalkan menggelar balapan mobil GT pada 21-23 Oktober 2022.

Co-director SRO Motorsports Group, Benjamin Franassovici, mengatakan bahwa seri balap GT World Challenge Asia 2022 akan memperkenalkan sejumlah hal baru seperti Japan Cup dan tiga sirkuit baru yang akan menjalani debut. Ketiga sirkuit baru itu adalah Sirkuit Mandalika, Sugo, dan Okayama. Sugo dan Okayama merupakan sirkuit di Jepang.

“Mandalika, sementara ini adalah sirkuit baru yang luar biasa dan layak mendapat tempat di setiap jadwal kejuaraan (balap) Asia,” kata Franassovici seperti dikutip dari situs resmi GT World Challenge Asia, Senin, 27 Desember 2021.

Balap GT World Challenge Asia Series 2022 akan digelar di lima sirkuit di tiga negara yakni Malaysia, Jepang, dan Indonesia.

Balapan pembuka akan digelar di Sepang, Malaysia, pada 20-22 Mei 2022, dilanjutkan di Sirkuit Suzuka, Jepang, (15-17 Juli), Fuji Speedway, Jepang, (22-24 Juli), Sugo, Jepang, (19-21 Agustus), Okyama, Jepang, (23-25 September), dan Sirkuit Mandalika, Indonesia, (21-23 Oktober).

Masing-masing seri akan digelar 2 kali balapan dengan masing-masing berdurasi 60 menit. SRO tahun depan juga akan memperkenalkan Japan Cup.

Japan Cup dapat diikuti pembalap Pro-Am dan Am dengan mobil kelas GT2, GT3, GT4, dan GTC. Adapun mobil-mobil yang berlaga adalah Lamborghini Huracan Super Trofeo, Ferrari 488 Challenge, Porsche Carrera Cup dan lainnya.

Baca Juga !!!  Dihadiri Boss-Boss Besar! Lahirnya TRAStar Memajukan Jiwa Otomotif Indonesia

Pembalap Indonesia Rio Haryanto pernah mengikuti kejuaraan ini pada musim 2019 bersama tm T2 Motorsports. Mantan pembalap Formula 1 ini berduet dengan pembalap nasional lainnya, David Tjiptobiantoro, dengan mengendarai Ferrari 488 GT3. Rio-David pernah mengeyam manisnya podium 2 di Sirkuit Buriram, Thailand.

“Belum ada rencana untuk tahun depan,” kata Rio kepada Tempo, Senin, 27 Desember 2021.

Sementara itu, David berharap situasi dan kondisi pada tahun depan membaik. Ia menyampaikan bahwa T2 Motorsports untuk sementara ini masih belum memastikan akan ikut serta dalam kejuaraan tahun depan atau tidak. “Sambil menunggu sponsor. Nanti kalau ada update terbaru saya kabari,” ujarnya. 

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 km. Sirkuit ini menjadi tuan rumah balap motor internasional Idemitsu Asia Talent Cup dan World Superbike Championship pada November 2021. Sirkuit ini juga akan menggelar uji coba resmi balap MotoGP pada Februari tahun depan dan seri kedua MotoGP pada Maret 2022.

Jadwal GT World Challenge Asia 2022:

– Sepang International Circuit-Malaysia: 20-22 Mei 
– Suzuka International Circuit-Jepang: 15-17 Juli
– Fuji International Speedway-Jepang: 22-24 Juli
– Sportsland Sugo-Jepang: 19-21 Agustus
– Okayama International Circuit-Jepang: 23-25 September
– Sirkuit Mandalika-Indonesia: 21-23 Oktober

Dendi Rustandi

Enjoy Other OtomotifNews

2Comments

Add yours

Leave a Reply